9 Pertanyaan Yang Harus Kamu Tanyakan Saat Memilih Venue Pernikahan Kamu

  • oleh
wedding venue jogja

Venue pernikahan – Saatnya Kamu dan pasangan memilih dan menentukan dimana Kamu berdua akan melangsungkan pernikahan dan juga resepsi syukur bersama dengan keluarga dan para undangan. Mungkin ada beberapa venue yang menjadi tempat idaman Kamu untuk mengucapkan janji setia dan membagi kebahagiaan bersama, tapi pastikan juga layanan apa-apa saja yang akan Kamu dapatkan di hari istimewa nanti. Jangan sampai, misalnya, ada biaya tambahan, tidak ada persiapan ketika di hari tersebut cuaca tiba-tiba tidak bersahabat, atau pengaturan parkir kendaraan tamu undangan yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Untuk mempermudah segala urusan pemilihan venue pesta pernikahan, tentunya wedding organizer Kamu dapat membantu bermacam hal yang berhubungan dengan venue pernikahan tersebut, tapi Kamu pun harus tahu apa-apa saja yang akan Kamu dapatkan kelak. Oleh karena itu, ada beberapa pertanyaan penting yang perlu Kamu tanyakan kepada pengelola venue pernikahan yang akan menjadi tempat pesta di hari bahagia Kamu berdua.

Berapa penawaran harga gedung pernikahan?

Mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini menjadi penting karena berhububgan dengan bujet yang Kamu siapkan. Jangan sampai harga yang ditawarkan melebihi bujet yang sudah direncanakan berdua. Jangan lupa untuk menanyakan tentang pajaknya, apakah sudah termasuk penawaran di awal atau belum. Penting juga untuk menanyakan ruang mana saja yang dapat digunakan untuk keperluan pesta pernikahan Kamu seperti untuk ruang make-up keluarga, ruang persiapan, dan lain-lain.

Berapa kapasitas maksimum tamu undangan yang bisa diakomodasikan?

Di zaman era baru seperti sekarang, banyak pengantin yang melangsungkan pesta pernikahan mereka di restoran-restoran atau venue-venue yang unik dan menarik. Kamu harus menanyakan berapa kapasitas ruangan yang mereka tawarkan untuk mengetahui jumlah tamu yang Kamu undang.

Seberapa nyaman lokasinya?

Bukan hanya menjadi tempat impian Kamu berdua karena unik atau suasana yang ditawarkan oleh tempat tersebut, tapi seberapa nyaman Kamu berdua dan tamu-tamu Kamu berada di tempat tersebtu. Kenyamanan Kamu dan para tamu undangan adalah nomer satu dalam memilih tempat pesta pernikahan. Bagaimana lokasinya, dapat diakses dari mana saja, atau apakah tempatnya berada di daerah kemacetan?

Jika Kamu memilih tempat selain ballroom hotel, bagaimana jika hari itu hujan?

Mungkin di tempat yang Kamu idamkan terdapat taman hijau tempat untuk melangsungkan akad nikah sekaligus acara syukuran pernikahan. Kamu suka tempatnya karena taman yang rimbun ini, lalu bagaimana jika di saat tersebut nantinya hujan turun? Apakah venue bisa menawarkan Plan B untuk memindahkan tempat ke dalam ruangan?

Apakah ada vendor rekanan di tempat tersebut?

Kamu harus menanyakan pertanyaan ini karena biasanya gedung pernikahan menjalin kerjasama dengan beberapa vendor lain seperti dekorasi, katering atau vendor pernikahan lainnya. Pastinya vendor yang bekerjasama sudah terbukti kualitas dan profesionalitasnya. Jadi, Kamu tidak perlu susah-susah lagi mencari vendor untuk pernikahan Kamu tersebut.

Ada larangan apa saja?

Misalnya di acara nanti fotografer Kamu ingin menggunakan drone untuk mendokumentasikan pernikahan Kamu, atau dekorator Kamu ingin menggunakan lilin asli di meja resepsi untuk menciptakan suasana romantis, atau ada keinginan lain dari Kamu misalnya. Kamu harus menanyakan apakah tempat tersebut membolehkan segala bentuk keinginan Kamu atau vendor Kamu nanti?

Apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam penawaran harga?

Apakah harga yang Kamu setujui tersebut hanya untuk tempat pernikahan saja atau sudah termasuk pajak, termasuk dekorasi, termasuk katering, staf dan lainnya. Semua harus jelas Kamu ketahui dari awal sehingga Kamu tahu yang mana yang akan ditambahkan yang mana yang sudah tidak perlu Kamu kerjakan.

Apa ada kebijakan lain yang harus diketahui?

Pertanyaan ini menyangkut pembayaran. Bagaimana cara pelunasan apakah bisa dicicil dan kapan saja waktu penyicilannya. Lalu, Kamu juga perlu menanyakan perihal pembatalan gedung bila tidak jadi menggunakan tempat tersebut. Apakah dana awal Kamu akan dikembalikan atau tidak. Semua yang berhubungan dengan teknis pembayaran harus jelas Kamu ketahui di depan agar tidak ada kesalahpahaman nantinya.

Bagaimana teknis protokol kesehatan di tempat tersebut?

Di masa-masa sekarang ini, Kamu dan pasangan perlu tahu tentang teknis protokol kesehatan yang mereka jalankan di venue yang Kamu pilih. Dan, bagaimana nantinya protokol kesehatan akan dijalankan kepada vendor-vendor pendukung pernikahan Kamu serta tamu-tamu undangan yang datang ke pernikahan dan acara resepsi Kamu berdua.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *