5 Macam Isi Seserahan Pernikahan dan Maknanya

  • oleh

Tau gak sih kalo setiap isi seserahan pernikahan itu punya makna dan doa untuk kesejahteraan kedua calon mempelai di kehidupan yang akan datang? Emangnya apa saja sih macam isi seserahan dan maknanya?
Berikut adalah 5 macam isi seserahan perikahan dan maknanya:

Seserahan sudah jadi salah satu syarat wajib dalam tradisi pernikahan di Indonesia. Pihak dari pengantin laki-laki akan membawakan seserahan untuk pihak pengantin perempuan yang menyimbolkan tanggung jawab akan calon pengantin pria terhadap calon pengantin wanita. Umumnya isi seserahan ini berupa barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yuk kita langsung bahas macam dari isi seserahan dalam pernikahan beserta maknanya!

Sepasang cincin yang diberikan kepada pengantin pria dan pengantin wanita ini menyimbolkan kebersamaan yang abadi dan komitmen yang tidak akan hancur, serta diharapkan kedua pasangan bisa terus bersama sampai akhir hayatnya.

  • Seserahan Makeup dan Skincare

Selain memang merupakan kebutuhan dari pihak calon pengantin wanita, pemberian seserahan ini dimaksudkan agar sang perempuan dapat menjaga penampilan dan senantiasa tampil cantik dan menarik dihadapan pasangannya.

  • Seserahan Alas Kak

Alas kaki berupa sepatu, sandal, selop, dan lainnya ini memiliki makna supaya kedua calon mempelai selalu berjalan beriringan dalam kehidupan rumah tangganya dan siap menjalankan kebidupannya bersama-sama, serta diharapkan selalu berada dijalan yang lurus.

  • Seserahan Buah-buahan

Isi seserahan yang satu ini mempunyai makna dan harapan agar kedua calon mempelai kelak nantinya bisa menghasilkan buah yang melimpah bagi keluarga dan orang-orang disekitarnya

  • Seserahan Satu Set Busana Wanita

Bagi adat Jawa, busana yang dimaksud adalah busana kebaya dan bawahan yang bermotif batik, namun tak jarang juga yang memberikan seperangkat busana baju tidur, baju pesta, baju kerja, bahkan pakaian dalam wanita. Memberikan satu set busana wanita ini memiliki makna agar kedua calon pengantin bisa menyimpan rahasia rumah tangganga dengan baik.

Jadi itulah beberapa macam isi seserahan dan maknanya yang mendalam. Semoga dapat membantu kamu dalam menentukan seserahan yang cocok untuk acara lamaran dan pernikahan kamu! 

GIVE RATING HERE post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *