Ciri Khas Ornamen dalam Pelaminan Adat Jawa, Ada Maknanya Juga Lho!

  • oleh

Ornamen Adat Jawa – Tau gak sih kalo setiap jenis ornamen pelaminan adat Jawa itu jadi simbol dari nilai-nilai dan harapan terbaik untuk pasangan pengantin. Apa aja sih jenis dekorasi pelaminan adat jawa dan maknanya? Yuk kita bahas disini. 

  • 1. Gebyok

Gebyok merupakan papan kayu jati dengan ukiran yang berbentuk dua pintu. Selain menambah kesan yang mewah, gebyok ini juga menyimbolkan bahwa kedua pasangan pengantin akan segara memasuki kehidupan selanjutnya yang berbeda dari sebelumnya.

  • 2. Miniatur Joglo

Rumah Joglo merupakan rumah adat khas Jawa yang memiliki empat pilar penyangga. Empat pilar penyangga itu diartikan sebagai mata angin, yaitu arah utara, selatan, barat, dan timur. Jadi harapannya adalah agar pasangan pengantin bisa tetap rukun di manapun mereka tinggal

  • 3. Gunungan Wayang Kulit

Gunungan wayang kulit berbentuk kerucut ini selain selalu muncul pada pertunjukkan wayang, juga kerap menjadi ornamen pelengkap dipelaminan adat Jawa. Biasanya gunungan wayang kulit terdiri dari ukiran gunung, pohon, api, ombak, angin, dan gua yang melambangkan kehidupan dunia dengan segala baik buruknya yang akan dilalui oleh pasangan pengantin bersama-sama. 

  • 4. Batik

Kain batik memiliki makna yang berbeda di setiap corakya, pada ornamen pelaminan adat Jawa biasanya menggunakan batik Sido Mulya yang melambangkan kemuliaan dan Sido Asih yang bermakna harapan

  • 5. Patung Loro Blonyo

Patung Loro Blonyo atau yang biasa disebut juga dengan nama patung Dua Lapik ini juga menjadi salah satu ornamen dalam pelaminan adat Jawa. Patung ini terdiri dari dua patung yang diibaratkan sebagai pasangan Dewi Sri dan Sadhana. Patung ini dianggap sebagai doa agar pernikahan kedua mempelai pengantin bisa langgeng, rukun, dan harmonis hingga maut memisahkan.

Itulah berbagai dari jenis dekorasi pelaminan adat Jawa yang bisa dijadikan inspirasi, mengingat simbol dan maknanya yang begitu indah maka tak heran jika unsur budaya ini masih dipertahankan secara turun-menurun.

Jadi bagi calon pengantin yang memiliki rencana menggelar acara pernikahan dengan prosesi adat Jawa, kalian sudah ikut serta dalam melestarikan budaya Jawa loh!

GIVE RATING HERE post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *