Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Prosesi lamaran pernikahan ini merupakan awal prosesi dimana sang mempelai pria datang meminang sang mempelai perempuan secara resmi. Prosesi ini menjadi yang paling dinantikan oleh kedua calon mempelai perempuan secara resmi. Biasanya, acara lamaran dilakukan sekitar tiga hingga enam bulan sebelum hari pernikahan. Banyak ragam tradisi pernikahan yang menimbulkan kebingungan dalam menyusun konsep acara lamaran. 

Avinci planner merupakan salah satu wedding planner di yogyakarta yang dapat membantu kamu dan pasangan dalam mempersiapkan pernikahan. Ada garis besar acara yang dapat diterapkan untuk lamaran dengan adat apa pun. Adapun gambaran umum mengenai susunan acara lamaran sebagai berikut.

Susunan Acara Lamaran Pernikahan

1. Kedatangan Calon Mempelai Pria Bersama Keluarga 

Prosesi lamaran diawali dengan kedatangan keluarga besar calon mempelai pria datang ke rumah mempelai wanita. kemudian, pihak mempelai wanita akan menyambut dan mempersilahkan keluarga pria untuk masuk ke rumah atau venue di tempat acara berlangsung.

2. Pembukaan Acara Lamaran

Setelah keluarga mempelai pria hadir dan duduk, prosesi lamaran akan dibuka oleh pembawa acara atau MC.

3. Perwakilan Calon Mempelai Pria Mengutarakan Maksud dan Tujuan

Setelah sesi pembukaan dari MC, pihak keluarga laki-laki mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya, yakni melamar sang mempelai perempuan. Dan menanyakan kesediaan menjadi calon istri kepada sang mempelai perempuan.

4. Penyampaian Jawaban dari Keluarga Perempuan

Perwakilan keluarga calon mempelai wanita biasanya sang ayah akan menanyakan kepada anaknya atas kesediaannya untuk dilamar.

5. Penyerahan Seserahan

Setelah pihak wanita resmi menerima lamaran tersebut, maka pihak mempelai laki-laki akan menyerahkan seserahan kepada keluarga perempuan.

6. Tukar Cincin

Prosesi tukar cincin biasanya dilakukan oleh ibu dari pria yang memasangkan cincin ke calon mempelai wanita. Kemudian dari pihak perempuan memasangkan cincin ke calon mempelai wanita.

7. Perkenalkan Antar Keluarga Calon Mempelai

Sesi perkenalan antar keluarga calon mempelai ini bertujuan untuk mengakrabkan anggota keluarga terutama yang hadir. Sesi ini akan diiringi dengan canda tama untuk mencairkan suasana.

8. Pembacaan Doa

Sebelum penutupan acara, MC akan mengiringi untuk doa bersama supaya rencana pernikahan dapat berjalan dengan lancar. Pembacaan doa biasanya dipimpin oleh pemuka agama atau salah satu perwakilan pihak keluarga.

9. Penyampaian Pamit dan Terima Kasih dari Kedua Mempelai 

Acara lamaran ditutup dengan penyampaian pamit dan terima kasih dari mempelai pria dan wanita atas kedatangan dan niat baik.

10. Sesi Foto Bersama

Foto bersama seluruh keluarga juga dilakukan sebelum pihak calon mempelai pria meninggalkan kediaman calon mempelai perempuan.

Rate this post

Leave a Comment