7 Hal Yang Kamu Harus Lakukan Ketika Merencanakan Pernikahan

Apakah pasanganmu sudah melamar mu ? pasti hati berbunga-bunga ya brides! Sambil menikmati saat-saat pertunangan, pasti deh udah kepikiran di benak kamu untuk merencanakan pernikahan seperti apa sih yang di inginkan , Gimana sih tips mempersiapkan pernikahan? Nah ini 7 hal yang harus dilakukan dan paling penting yang dapat kamu lakukan ketika merencanakan pernikahan :

1. Menentukan Perkiraan Tanggal Pernikahan

Selepas bertunangan, pasti pasangan mulai banyak pertanyaan umum “ Kapan hari H-nya ni?”. Pasti, pasangan belum dapat menentukan dengan pasti, tetapi kamu sudah punya bayangan atau perkiraan bulan yang cocok untuk pernikahan kalian berdua.

Yang pertama ialah tentukan terlebih dahulu prediksi dengan batasan tanggal tertentu yang pas. Normalnya waktu pertunangan bisa kurang lebih sepanjang 12-14 bulan, meskipun banyak yang kurang berkenan menunggu jika lebih lama dari 6 bulan. Balik lagi semuanya terserah preferensi pribadi kamu brides.

2. Memutuskan Konsep & Opsi Venue Pernikahan

Jangan langsung bingung memikirkan kostum yang ingin di gunakan pada hari special, sebenarnya yang terpenting ialah konsep dan venue acara pernikahan. Point ini adalah gambaran inti terhadap acara pernikahan kelak, jadi tentukan dahulu tema wedding seperti : outdoor, modern, nasional, dan lain-lain.

Bagi venuenya sendiri, tidak wajib langsung ditentukan harus milih yang itu. Tetapi tidak salah kalau mulai mendaftar beberapa venue pilihan sekaligus mencari data harga venue.

3. Menentukan Budget

Kalau kamu sudah tahu venue dan tema mana yang dipilih ,calon pasangan pasti semakin punya perkiraan harga yang lebih jelas. kamu pun dapat mulai menentukan budget yang dapat dikeluarkan untuk hari special kalian.

Disarankan supaya pasangan dapat saling berkomunikasi untuk mencocokan antara ekspektasi serta realita, agar dapat berjalan sesuai dengan rencana yang sangat diidam – idamkan.

4. Memilih Tamu Undangan

Daftar tamu dapat menjadi salah satu part yang amat penting , tetapi harus dilakukan agar pernikahan berlangsung tanpa masalah yang tidak terduga.

Membatasi mulai dari total undangan, serta melakukan pendaftaran nama – nama dari pihak yang wajib datang seperti keluarga inti, saudara, lalu beranjak ke sahabat atau teman, sekolah, kerja dan lainnya.

5. Mengurus Berkas Pernikahan

Kamu wajib cari tahu juga bagaimana cara mengurus berkas pernikahan agar perkawinan jadi sah di dalam hukum negara. Nah cara mengurus berkas pernikahan ini  sangat erat kaitannya dengan agama yang diyakini oleh pasangan.

Jadi sudah menjadi tugas untuk kamu bertanya dengan pengurus setempat, RT/RW dan meminta petuah saat proses pembuatan berkas pernikahan yang benar.

6. Wedding Planner & Vendor

Bagi pasangan yang memakai jasa wedding planner, sudah saatnya buat mulai memilih siapa yang bakal membantu jalannya pernikahan kamu.

Dan bagi kamu yang punya planning untuk melaksanakan pernikahan tidak memakai jasa wedding planner, kamu bisa mulai mencari vendor- vendor pernikahan, seperti venue, f&b, dekorasi, mc, entertain sampai photographer serta souvenir

7. Memilih Wedding Dress atau Kebaya

Sebaiknya jangan terlalu lama memilih pilihan wedding dress, apalagi kalau kamu punya niatan untuk membuat sendiri atau mendesain wedding dress yang dinginkan.

Sangat bisa dikatakan, bagian ini ialah yang amat menyenangkan bagi ciwi – ciwi tapi jangan sampai kelupaan untuk membantu pasanganmu untuk mencarikan jas pengantin yang pas buat dia juga lho yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *