Wedding Organizer Vs Wedding Planner, Mana Yang Cocok Untuk Partner Hari Pernikahanmu?

Wedding Organizer Jogja | Bagi kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan, sudah sejauh mana nih persiapannya? Apakah sudah ditahap kegalauan memilih partner wedding organizer (WO) atau wedding planner? Jangan sampai salah pilih ya, karena memang kedua opsi tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda.

Sebelum memilih kedua opsi tersebut, coba ingat kembali ke tahap awal persiapan pernikahan kamu, karena pemilihan keduanya ini menyangkut apa saja kebutuhan pernikahan.

Misalnya, apakah kamu dan pasangan sudah mempunyai gambaran awal tentang konsep pernikahan, atau justru belum mempunyai gambaran apapun mengenai resepsi pernikahan.

Baca juga : Mengenal Wedding Conceptor, Wedding Stylist & Wedding Expert Jogja, Apa perbedaannya?

Jika telah memiliki jawaban dari hal itu, barulah kamu bisa menentukan ingin menggunakan wedding planner ataukah wedding organizer.

Wedding Planner Jogja

Wedding planner ini akan membantu kamu dalam merencanakan keseluruhan pernikahan, mulai dari persiapan pernikahan hingga akhirnya terwujud pernikahan impian kamu dan pasangan. 

Wedding planner akan membantu kamu mengurus dari tahap nol sampai 100% resepsi pernikahan.

Wedding planner akan mengurus pernikahan kamu mulai dari konsep pernikahan sampai memilihkan vendor yang cocok. Wedding planner juga bakal menjadwalkan pertemuan kamu dengan vendor-vendor terkait sekaligus mendampingi bernegosiasi bersama kamu dan pasangan.

Foto: Freepik | wedding organizer jogja


Jika menggunakan wedding planner, kamu bisa mengetahui mengenai rincian harga dari masing-masing vendor sebab biasanya wedding planner mempunyai rekanan vendor yang sudah terpercaya.

Namun semua tergantung kamu dan pasangan, jika ingin memakai vendor rekanan dari wedding planner atau sudah mempunyai vendor incaran sendiri.

Perlu diketahui, biasanya vendor rekanan dari wedding planner akan memberikan kamu harga / rate khusus rekanan.

Wedding Organizer Jogja

Kedengarannya hampir sama dengan wedding planner, hanya saja wedding organizer akan membantu mewujudkan pernikahan yang telah memiliki gambaran dan konsep pernikahan yang diinginkan sebelumnya.

Wedding organizer juga bisa berperan sebagai `Anda` yang akan mengatur berbagai hal terkait pernikahan, tapi kamu juga harus selalu mengevaluasi kinerja dari wedding organizer supaya semua bisa sesuai dengan yang kita harapkan.


Wedding organizer biasanya akan meminta daftar-daftar vendor dan list pesanan yang sudah kamu pilih agar wo bisa berkomunikasi dengan lancar untuk menghandle dan menyatukan semua persiapan pernikahan.

Oleh karena itu, bagi brides to be yang sibuk bekerja, sangat cocok menggunakan wedding organizer ini.

wedding planner jogja wedding organizer jogjakarta

Foto: Freepik | wedding planner jogja


Untuk waktunya sendiri, wedding organizer dapat bekerja sekitar sebulan sebelum hari pernikahan kamu, sedangkan wedding planner bekerja minimal enam bulan sebelum hari pernikahan atau bahkan satu tahun sebelum hari h menyangkut urusan yang dikerjakan oleh wedding planner juga lebih banyak.


Manapun yang kamu pilih, apapun bantuan yang diberikan baik organizer ataupun planner, kamu tetap harus ikut andil dalam pengurusannya.

Kamu harus ikut dalam semua keputusan persiapan pernikahan sebab sejatinya keduanya tersebut fungsi dasarnya ialah untuk membantu kamu dan pasangan mempersiapkan pernikahan kamu sendiri.

Pastinya dari minci sendiri akan memberikan panduan mengenai apa saja yang harus di lakukan dalam perencanaan tersebut. Jadi kamu jangan khawatir akan proses berjalannya, kamu dapat menyampaikan kegalauan dan kebingungan yang masih di rasakan.

Meet MINCI

We are here to bring your dream wedding to life. Talk over your wedding requirements with us, from the venue options, menu selections, recommended vendors, to the big day rundown. A happy wedding begins with us.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment