Recomendasi Vendor Catering Pernikahan Jogja Yang Terbaik

catering pernikahan jogja
catering pernikahan jogja

Catering Pernikahan Jogja – Akan Kurang lengkap rasanya tanpa adanya catering pernikahan jogja yang spesial. Jamuan makanan yang dihidangkan pihak mempelai pengantin, menjadi salah satu sorotan utama bagi tamu undangan yang datang.

Oleh karena itu pemilihannya pun harus detail. Avinci mempunyai banyak rekanan catering dan vendor lain yang bisa di pilih sesuai dengan selera dan keinginan client. Karena setiap orang pasti mempunyai prefer yang berbeda beda.

UNTUK KONSULTASI & DETAIL INFORMASI MENGENAI WEDDING PLANNER, WO, VENUE, CONCEPT, DECORATION & AVINCI ALL WEDDING PACKAGE PLEASE CONTACT US

Bahkan, area jamuan ini dijadikan sebagai spot yang diincar pertama kali oleh tamu undangan. Bisa dikatakan, tanpa adanya jamuan, sebuah upacara peresmian ikatan sepasang kekasih tidak bisa disebutkan sebagai pesta pernikahan.

Jika dipandang sekilas, jamuan pernikahan ini hanya terlihat seperti menyediakan makanan bagi para tamu undangan yang mungkin lapar atau haus ketika menghadiri pernikahan anda.

Namun, sebuah jamuan pernikahan pada hakikatnya tidak sesederhana itu maknanya. Jamuan pernikahan merupakan sebuah bentuk penghormatan dari tuan rumah / penyelenggara pesta dan ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang hadir memenuhi undangan yang di sampaikan penyelenggara pesta pernikahan. Catering Pernikahan Jogja

Jamuan pernikahan, yang bisa anda pesan di catering pernikahan Jogja juga memiliki kedudukan penting dalam menentukan kesan yang timbul di benak para tamu undangan. Sebuah pernikahan dengan jamuan pernikahan yang meriah, tentu akan memberikan kesan yang positif dan sangat membekas dibenak seluruh tamu yang hadir. Karenanya banyak yang berusaha untuk mengonsep jamuan pernikahan sedemikian rupa sehingga bisa menyajikan sebuah jamuan pernikahan yang istimewa.

Solusi Praktis Jamuan Pernikahan

Masyarakat Jogja adalah masyarakat yang guyub. Karenanya, dulu konsep jamuan pernikahan  untuk tamu undangan yang hadir dipersiapkan dengan sangat sederhana.

Keluarga yang memiliki hajat mengajak sanak saudara dan tetangga untuk memasak konsumsi acara pernikahan. tentu saja, cara tersebut akan mengeluarkan cost waktu dan juga tenaga yang sangat besar.

Belum lagi, ditengah kesibukan aktifitas masing-masing warga Yogyakarta yang kini cukup tinggi karena perkembangan jaman.

Karena pelaksanaan model penyiapan jamuan pernikahan secara tradisional yang tidak relevan dan sulit dijalankan lagi, masyarakat Jogja kini banyak yang beralih menggunakan jasa pihak ke tiga dalam pengadaan jamuan pernikahan.

Aspek kepraktisan kini sangat diutamakan dalam pertimbangan penyelenggara pesta pernikahan dalam memenuhi kebutuhan penyediaan jamuan bagi tamu undangan.

Jalan keluar yang bisa menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan meng-hire catering pernikahan Jogja untuk pengadaan konsumsi.

Tidak hanya memberikan pemecahan empatif berupa kepraktisan saja, jasa catering juga mampu memberikan kualitas jamuan pernikahan yang tinggi mulai dari rasa, variasi makanan, hingga konsep penyajianya yang sangat menarik dan menambah nilai positif pesta pernikahan anda.

Bahkan, para wedding organizer didaerah Jogjakarta juga banyak yang menjadikan catering pernikahan Jogja sebagai rekanan mensukseskan pengadaan pesta pernikahan yang diidamkan.

Perbedaan nyata apabila mempersiapkan konsumsi pernikahan sendiri, dibandingkan dengan menggunakan jasa vendor catering adalah dari sisi konsep jamuan pernikahan yang dihasilkan.

Jika seluruh makanan dimasak secara pribadi, tentu konsep yang dihasilkan akan itu-itu saja. Tidak timbul kesan mewah didalamnya.

Namun dengan bantuan catering pernikahan Jogja, anda juga bisa mendapatkan refernsi konsep penyajian jamuan pernikahan yang tidak terfikirkan sebelumnya.

Ragam Konsep Catering Pesta Pernikahan

Saat ini, ada 3 jenis konsep utama konsep jamuan pernikahan yang sering diterapkan dalam sebuah pernikahan, termasuk yang ditawarkan jasa catering pernikahan di Jogja.

Pertama konsep prasmanan, yaitu jenis penyajian makanan yang diletakan pada suatu rangkaian meja yang berjajar memanjang. Makanan diletakan sepanjang meja mulai dari makanan utama hingga pencuci mulut.

Tamu undangan tinggal berjalan menyusuri meja dan mengambil menu yang mengundang selera masing-masing.

Jenis konsep berikutnya adalah model gubugan. Secara prinsip sebenarnya sama dengan menyediakan makanan diatas meja / dibuat gazebo-gazebo di areal pernikahan.

Yang membedakan hanyalah penempatan spot makanan berupa meja / gazebo yang dibuat terpisah antara satu dengan lainya. Masing-masing spot diisi satu buah jenis makanan.

Biasanya, peletakan spot makanan catering pernikahan Jogja yang sejenis ditempatkan berdekatan dan terpisah dengan spot makanan jenis lainya.

Konsep ketiga adalah jamuan formal. Dalam jamuan formal, makanan tidak diletakan pada stand sehingga tamu undangan bisa mengambil sendiri menu makanan yang mereka inginkan.

Para tamu tinggal duduk manis di kursi tamu yang telah disediakan. Pihak catering yang bertanggung jawab menyiapkan makanan dan mengantarkanya ke kursi masing-masing tamu undangan. Karenanya perlu ketelitian dan petugas pengantar makanan yang cukup agar tidak ada tamu yang terlewatkan.

Sebenarnya, anda bisa membuat konsep tersendiri dari gabungan konsep utama diatas. Dengan menggabungkan konsep prasmanan dan gubugan anda akan menghasilkan nuansa penyajian makanan yang seakan baru.

Dalam bentuk yang sederhana, biasanya dibuat konsep penyajian makanan ditengah venue pernikahan dengan konsep prasmanan.

Selain itu, dipinggir-pinggir venue dibuat spot-spot makanan dengan menggunakan konsep gubugan. Manapun konsep penyajian yang kalian pilih, bisa anda pesan di catering pernikahan Jogja.

Mengangkat Keistimewaan Menu Khas Jogja

Selain sebagai hidangan untuk tamu undangan, konsumsi pernikahan juga menjadi sebuah penghargaan atas kesediaan tamu undangan menghadiri pesta pernikahan kita.

Karenanya, sebagai mempelai pengantin perlu memberikan jamuan makanan yang lengkap, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, jajanan, pencuci mulut dan tentunya minuman. Anda bisa memilih berbaga menu dari setiap jenis sesuai keinginan anda di catering pernikahan Jogja.

Sebagai kota yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya, Yogyakarta memiliki berbagai kuliner khas daerah. Kurang pantas rasanya bila tidak memasukan menu makanan khas Jogjakarta kedalam jamuan pernikahan.

Menu khas Jogja inilah yang justru sering dicari oleh tamu undangan pernikaan Jogja, terutama apabila ada sanak saudara dari luar Yogyakarta. Anda bisa memilih menu khas Jogja apa yang akan anda sajikan di catering pernikahan Jogja.

Untuk alternatif makanan khas Jogja sebagai menu utama, sebagai contohnya anda bisa memilih gudeg, bakmi jowo, soto bathok, oseng-oseng mercon atau menu lainya yang sangat terkenal didaerah lain dan sangat digemari oleh masyarakat Jogja.

Tidak jarang menu-menu ini menjadi spot makanan yang paling cepat habis. Setiap vendor catering pernikahan Jogja pasti memiliki menu-menu tersebut dalam list menu yang ditawarkan.

Keistimewaan Pesta dengan Kualitas Sajiannya

Namun mengadakan sebuah pesta pernikahan di Jogjakarta, bukan berarti segala makanan yang disajikan dalam jamuan pernikahan merupakan makanan khas Jogja. Anda bisa memilih berbagai menu baik merupakan makanan, jajanan, ataupun minuman yang sudah menasional, atau bahkan yang berasal dari internasional.

Apapun yang anda pilih untuk disajikan kepada para tamu undangan, haruslah merupakan hidangan yang spesial sebagai wujud penghormatan dan ucapan terima kasih kepada tamu yang hadir.

Jangan sampai pernikahan anda hancur, dan memiliki masalah yang menjadi omongan orang lain karena makanan yang kurang enak ataupun konsep penyajian yang biasa-biasa saja karena memilih untuk mempersiapkan semuanya secara mandiri dengan keluarga dan tetangga.

Jadikan moment sakral yang sangat penting yang hanya sekali seumur hidup menjadi sesuatu yang memberikan kesan dan istimewa.

Catering itu jadi hal yang komponen vital selain dekorasi, kenapa?

Tentu bakal menjadi ‘musibah’ jika hidangan yang kamu sajikan untuk para tamu yang rasanya biasa saja, jumlahnya tidak sesuai jumlah tamu atau bisa di sebut kurang, tampilannya kurang menarik, dan sampai makanan yang dihidangkan ternyata punya bau kurang sedap / basi.


Hal-hal tersebut pasti bakal membuat malu ke 2 mempelai & keluarga. Saat merencanakan pesta pernikahan, kamu memang harus teliti lagi ketika membuat anggaran katering.

Selain kamu harus memperhitungkan besarnya biaya itu tergantung dari paket paket yang dipesan, jenis makanan, & banyaknya variasi menu catering pernikahan itu.

Tujuannya supaya dana yang kamu miliki sesuai dengan jumlah makanan yang di perlukan sehingga seluruh tamu yang hadir dapat menikmati kelezatan makanan yang kamu hidangkan.

Agar kamu terhindar dari ‘bencana’ saat menggelar pesta pernikahan, akan kami berikan trik memilih catering pernikahan dari Avinci :

1. Biasanya hotel / gedung pertemuan mempunyai rekanan perusahaan catering yang profesional & berpengalaman. Namun apabila ternyata kamu tidak menggunakan jasa catering yang menjadi rekanan hotel / gedung, kamu harus melihat reputasi & pengalaman perusahaan katering itu supaya tidak ada hal yang tidak kamu inginkan.

2. Setiap perusahaan jasa catering biasanya pernikahan selalu memberikan paket makanan yang isinya bermacam makanan & minuman, termasuk makanan kecil, minuman ringan, dessert, hingga makanan gubuk (food stall). Untuk kamu yang tidak mempunyai waktu lebih / sibuk dengan pekerjaan kantor, paket sejenis ini akan memudahkan kamu. Jika kamu kurang cocok dengan menu makanan yang ada di paket itu, kamu dapat mengurangi, mengganti menu makanan, hingga menambahkan menu makanan.

3. Diskusikan makanan apa yang kamu pengen dan buatlah catatan secara detail dengan si pemilik jasa katering yang kamu pilih. Nah, jika di hari-H perusahaan catering ternyata tidak menyediakan menu makanan sesuai yang kamu inginkan dan tidak memberi tahu kamu terlebih dulu, kamu bisa mendapat pertanggungjawaban perusahaan catering itu.

4. Supaya tidak terjadi masalah seperti kehabisan makanan sebab jumlah tamu yang ternyata kurang sesuai dengan jumlah undangan, pastikan kamu menghitungnya dengan benar. Jika kamu menyediakan sebanyak 400 undangan untuk event pernikahan di malam hari, artinya kamu harus menyediakan makanan sebanyak 800 porsi makanan untuk 800 orang tamu.

5. Pilih sistem pesanan catering berdasarkan menu prasmanan, tidak berdasarkan jumlah piring & gelas yang dipesan. Jika berdasarkan menu prasmanan yang dipesan, maka perusahaan catering bakal terus mengeluarkan piring & gelas ketika makanan masih tersedia. Sistem ini berdasar jumlah piring & gelas biasanya dilakukan oleh kedua calon mempelai yang mengadakan pernikahan sitting dining table.

6. Jangan sampai lupa mencicipi menu makanan yang kamu pilih di beberapa perusahaan catering. Dari food tester ini, dapat diketahui perusahaan catering mana yang sesuai dengan keinginan kamu. Lihat juga penampilan makanan, kesigapan pelayanan, kebersihan, serta sebagainya supaya kamu tidak kecewa nantinya.

7. Daripada kamu memilih hanya 10 menu dalam 100 porsi untuk 1 menu makanan, sebaiknya kamu memilih 20 menu buat 50 porsi. Jenis makanan dengan jumlah banyak justru akan menjadikan tamu merasa kamu memanjakan ‘lidah’ mereka lewat berbagai varian menu makanan catering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *