Sedang Mencari Dekorasi Perikahan? Hal ini Wajib Kamu Tahu!

Dekorasi Perikahan Jogja | Konsep pernikahan intimate kini tengah menjadi tren di kalangan para calon pengantin, terutama pasca kasus pandemi yang mengharuskan acara pernikahan dilaksanakan dalam skala kecil.

Di samping itu, ternyata tema selebrasi intimate memang telah menjadi impian bagi calon pengantin yang lebih prefer hari bahagianya hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat saja. Akhirnya trend intimate ini semakin menjadi salah satu konsep yang di gemari.

Selain mempunyai ciri khas dari jumlah tamunya yang lebih sedikit, terdapat elemen – elemen menarik yang berfungsi sebagai penghangat suasana, yaitu dekorasi pernikahan.

dekorasi pernikahan jogja
Wedding : Tyas n Chandra | Venue: Queen of the south resort | Photo : Kalopsia

Dekorasi pernikahan intimate

Umumnya, dekorasi pernikahan intimate mempunyai perbedaan yang lumayan signifikan apabila dibandingkan dengan pesta berskala besar. Nah, apa saja yang perlu menjadi perhatian kamu? Ikuti panduan dari Minci seputar hal-hal yang perlu dicermati oleh para calon pengantin sebelum memutuskan konsep dekorasi apa yang ingin direalisasikan di acara pernikahan :

  1. Cari Tahu Keinginan Anda dan Pasangan
    Sebelum kamu mencari vendor dekorasi pernikahan profesional, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja yang kamu dan pasangan sukai. Elemen dekorasi yang di buat hendaknya juga bisa merepresentasikan personality dari mempelai. Untuk memudahkannya, mulailah dengan menggali unsur-unsur personal, contohnya kepribadian diri, hobi, sampai komponen favorit lainnya. “Kita tidak mungkin menaruh semua tema di dalam satu wedding, Jadi, yang kamu tidak suka itu apa sebenarnya? Dari hal itu nanti bisa menjadi bahan diskusi dengan tim dekoras. Kira-kira apa yang cocok dan apa yang tidak.
  2. Tentukan Tema Dekorasi Pernikahan
    Setelah menemukan elemen yang di sukai, sekarang saatnya mencari referensi sebanyak mungkin dari berbagai sumber online. Kumpulkan apa saja yang menarik perhatian kamu sesuai tema yang akan diusung. Jika masih merasa kesulitan, tentukan kombinasi warna favorit yang pengen direalisasikan. “Kalau calon pengantin belum punya referensi sama sekali, biasanya minci akan bantu mereka untuk gali preferensi, kita mulai dari palet warna favorit. Jadi, expert dekor akan bantu kasih liat portofolio dekor dan berbagai inspirasi dari internet. JIka belum ada konsep dan moodboard pun akan senang di bantu oleh expert.
  3. Jangan Mengumpulkan Tema yang Bertolak-belakang
    Apakah kamu dan pasangan mempunyai tema impian yang berbeda? Jangan memaksakan diri untuk memasukkan elemen-elemen yang memang saling bertentangan. Selain akan menyulitkan sang dekorator, tema yang kontradiktif juga memiliki potensi mengganggu keselarasan antar ornamen. Biasanya, dekorasi pernikahan cuma bisa diwujudkan dengan kolaborasi 2 konsep yang masih memungkinkan. Misalkan kamu yang temanya futuristik, tapi suka juga dengan yang klasik. Ini kan merupakan hal yang bertolak-belakang sekali. Minci bakal memberikan saran, gambaran dan rekomendasi, dari venue yang dipilih cocoknya tema yang seperti ini.
  4. Temukan Palet Warna yang Sesuai
    Terdapat dua cara dalam menentukan palet warna yang sesuai. Pertama, kamu dapat mengambil inspirasi dari warna favorit. Kedua, perlu disesuaikan dengan gaya interior venue. “Misalnya, ada beberapa gedung di Jakarta yang lebih kolonial, gaya interior seperti ini biasanya lebih cocok dengan warna-warna klasik, seperti off whitegold, atau soft pink, jadi kumpulan warna yang memang in general-nya lebih soft. Sementara untuk venue dengan tema industrial, warna yang bisa diaplikasikan mungkin lebih ke hijau,”. Perlu di tegaskan bahwa venue & dekorasi adalah suatu hal yang tidak boleh terpisahkan. “Venue dan dekorasi itu sangat berkaitan erat. Jika ingin menjadikan sesuatu yang benar-benar berbeda, akan berpengaruh besar terhadap jumlah anggaran. Karena perlu menyulap satu ruangan,”
  5. Ingin Melaksanakan Pernikahan Outdoor? Persiapkan Mental kamu
    Jika kamu berencana menggelar pesta pernikahan di luar ruangan, itu artinya kamu harus siap menerima segala konsekuensi yang ada, termasuk jika cuaca sedang tidak bersahabat. “Hal pertama yang harus dipersiapkan itu mental. Karena pesta outdoor itu kemungkinan besar akan terjadi hujan. Kita tidak bisa lagi berpatokan pada suatu bulan atau musim. Kedua ialah plan B, misalnya dengan memilih venue yang menyediakan semi indoor dan outdoor. Jadi kalau terjadi hujan, kita bisa pindah ke sana. Atau, bisa juga menggunakan opsi tenda transparant,” . Namun sebenarnya pilihan yang paling aman adalah pesta di ruangan tertutup agar tidak terjadi perubahan rencana. Jika adapun hanya hal hal yang minor.
  6. Lakukan Diskusi dengan Pasangan dan Pihak Keluarga tentang Jumlah Tamu
    Calon pengantin dan pihak keluarga perlu bekerjasama dalam menentukan berapa jumlah tamu dan siapa saja yang akan diundang. Ini menjadi salah satu fase yang paling menantang jika kamu berencana melangsungkan pernikahan berskala kecil. Memilah siapa saja orang yang pantas menjadi saksi bisu penyatuan cinta kamu dan pasangan tentu tidaklah mudah. “Tentukan mana yang lebih prioritas, baik dari sisi calon pengantin maupun pihak keluarga,”.
  7. Cocokkan dengan Background Kamu dan Pasangan
    Perlu diketahui, setiap orang tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, termasuk bagaimana background mereka. Dalam memilih tema pernikahan, hendaknya pikirkan juga tentang preferensi masing-masing pasangan. Tidak ada patokan khusus tentang dekorasi apa yang paling cocok untuk pernikahan intimate. “Karena skalanya lebih kecil, kita bisa lebih bermain dengan tema. Sebenernya couple ini tuh background-nya apa, sih? Misalnya, ada salah satu pihak yang berprofesi sebagai pilot. Nah, ini suatu unsur yang bisa aku masukkan ke elemen detail dekorasi. Jadi lebih menggali dari sisi couple-nya, apa yang kira-kira bisa diambil,” tuturnya.
  8. Carilah Venue dengan Kapasitas yang Cukup
    Memilih sebuah gedung untuk pernikahan intimate mungkin terasa tricky sehingga membuat kamu dilanda kebingungan. Kuncinya adalah dengan mencari vendor mana yang telah menyediakan paket pernikahan intimate dengan kapasitas sesuai. “Jangan memilih area yang terlalu kecil karena akan membuat suasana menjadi tidak nyaman. Jangan pula memilih tempat yang terlalu besar karena akan mengurangi kesan intim yang ada,”
  9. Pertimbangkan Konsep Seating Dinner dan Elemen Photo Corner
    Ingin dekorasi pernikahan intimate tetap terlihat meriah? kamu bisa menyiasatinya dengan konsep seating dinner serta area photo corner agar lebih terisi. Selain itu, permainan lighting juga menjadi salah satu faktor pendukung. “Another tips, kalau mau merencanakan intimate wedding, masukkan sesi-sesi menarik ke dalam susunan acaranya, seperti dibuat games untuk para tamu undangan. Hal ini bisa mendekatkan calon pengantin dengan tamunya.”
  10. Pilih Jasa Vendor Dekorasi Pernikahan Profesional
    Penting untuk menemukan vendor dekorasi mana yang sesuai dengan style yang kamu cari. Telusuri portofolio mereka melalui website ataupun media sosial. Sebaiknya, lakukan booking minimal 6 bulan sebelum hari bahagia kamu digelar. Perhatikan juga bagaimana cara mereka memperlakukan klien. “Komunikasinya nyaman atau tidak? Bagaimana dengan chemistry-nya? Pastikan calon pengantin sudah merasa nyaman. Karena kalian akan terus berdiskusi dengan pihak vendorsampai Hari-H,” tutup Melissa.
prambanan-wedding-package-biaya-nikah-di-candi-prambanan-prambanan-wedding-candi-prambanan-wedding-venue-pernikahan-di-candi-prambanan-terbaru
Dekorasi : Modern Decoration | Venue: Candi Prambanan

Dekorasi pesta pernikahan adalah hal pertama yang akan menjadi pusat perhatian tamu undangan saat menghadiri pesta pernikahan kamu. Karenanya, para calon pengantin pun kerap berusaha agar dekorasi pernikahan mereka terlihat menarik dan dapat menjadi kenangan baik di pesta pernikahan mereka, terutama untuk dekorasi pelaminannya.

Saat ini, ada banyak sekali tema dekorasi yang bisa diterapkan untuk pernikahan yang mungkin pada akhirnya akan membuat kamu dan pasangan bingung memilihnya. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mencari referensi sebanyak mungkin dan menyesuaikannya dengan konsep pesta pernikahan yang kamu impikan. Ingat lah bahwa dekorasi pelaminan di pesta pernikahan kamu akan selalu menjadi bagian dari dokumentasi pesta di hari yang berbahagia tersebut. Dan inilah beberapa tema dekorasi yang cukup popular dan bisa dijadikan referensi.

Klasik

Klasik adalah konsep dekorasi pernikahan paling banyak diminati banyak pasangan. Pasalnya tema ini bisa diterima oleh semua usia karena terkesan formal tapi tetap santai. Warna-warna dasar sangat mempengaruhi konsep klasik ini. Selain itu, venue dan rangkaian bunga juga memberikan kesan klasik yang menawan.

Glamour

Glamour identik dengan pernak-pernik yang gemerlap. Konsep ini memang dipenuhi oleh kemewahan sehingga banyak orang yang akan terkagum-kagum melihatnya. Dekorasi ini cocok di ruangan dengan atap yang tinggi dan lahan yang luas. Ketika ruangan tersebut diisi dengan berbagai macam aksesoris mewah dan elegan seperti kristal, kain dan rangkaian bunga-bunga, setiap tamu undangan pun akan takjub melihatnya. Warna yang paling banyak dipilih untuk tema ini adalah gold, silver dan putih.

Rustic

Identik dengan unsur kayu dan country yang kuat, nuansa vintage akan sangat terasa saat kamu memilih konsep pernikahan ini.

Wedding Package Sheraton Mustika Yogyakarta Resort
Dekorasi : Rustic Decoration | Venue: Sheraton Mustika Hotel | Photo : Askara

Dekorasi acara pernikahan rustic adalah konsep yang menggabungkan keindahan alam dan kesederhanaan. Dapat diterapkan di semua lokasi, konsep rustic akan terlihat cantik baik itu di dalam ballroom, restoran, maupun venue berkonsep outdoor atau semi outdoor. Tertarik untuk membuat konsep dekorasi rustic jogja? Ketika membicarakan tentang kosep pernikahan, mungkin tema rustic ini termasuk konsep yang tidak lekang di makan usia.

Shabby Chic

Dekorasi Pernikahan yang banyak diminati selanjutnya adalah Shabby Chic. Konsep dekorasi ini terlihat feminin karena didominasi dengan aneka motif bunga yang indah. Dengan dominasi warna pastel dan pink membuat dekorasi berkonsep shabby chic terkesan sangat lembut dan manis.

Dekorasi feminin ini sebenarnya adalah kombinasi antara desain yang elegan dengan unsur elektrik. Sebuah konsep yang mengusung tema ala Inggris klasik di tahun 80-an.

New Normal

Pesta kecil yang intim dan akrab dengan keluarga dan teman terdekat? kamu mungkin akan melangsungkan pesta pernikahan di sebuah restoran atau venue kecil tapi indah. Dekorasi pelaminan kamu tentunya tidak dapat semegah jika kamu menikah di ballroom hotel berbintang. Perbanyak bunga dan permainan warna yang dapat menarik perhatian undangan yang datang dan jadikan pelaminan kamu area yang berkesan untuk mengabadikan momen bahagia kamu dan tamu undangan Anda.

Temukan inspirasi pernikahan, pilihan vendor baru dan terbaik, serta beragam artikel menarik seputar tren dan hubungan pernikahan. Cek Avinci Planner sekarang di Youtube dan Tiktok

Ikuti akun Instagram @avinci_weddingplanner untuk beragam inspirasi 

5/5 - (5 votes)

1 thought on “Sedang Mencari Dekorasi Perikahan? Hal ini Wajib Kamu Tahu!”

Leave a Comment